Tentang HTML5, CSS3, dan Framework




Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Pada post kali ini Saya akan menulis resume tentang HTML5, CSS3, dan Framework khususnya PHP & Javascript. 




Apa itu HTML5 ? 


HTML5 merupakan sebuah bahasa markah untuk menstrukturkan dan menampilkan isi dari World Wide Web, sebuah teknologi inti dari Internet. HTML5 adalah revisi kelima dari HTML dan hingga bulan Juni 2011 masih dalam pengembangan.

Dimana tujuan utama pengembangan HTML5 adalah untuk memperbaiki teknologi HTML agar mendukung teknologi multimedia terbaru, mudah dibaca oleh manusia dan juga mudah dimengerti oleh mesin.


Berikut tujuan dibuatnya HTML5 :
  • Fitur baru harus didasarkan pada HTML, CSS, DOM, dan JavaScript
  • Mengurangi kebutuhan untuk plugin eksternal ( Seperti Flash )
  • Penanagan kesalahan yang lebih baik
  • Lebih markup untuk menggantikan scripting
  • HTML5 merupakan perangkat mandiri
  • Proses pembangunan dapat terlihat untuk umum
Fitur baru dalam HTML5 :
  • Unsur kanvas untuk menggambar
  • Video dan elemen audio untuk media pemutaran
  • Dukungan yang lebih baik untuk penyimpanan secara offline
  • Elemen konten yang lebih spesifik, seperti artikel, footer, header, nav, section
  • Bentuk kontrol form seperti kalender, tanggal, waktu, email, url, search
Apakah Browser Saya Support HTML5?

Bagaimana caranya untuk menguji apakah browser yang anda install itu sudah support HTML5 atau tidak dan seberapa banyak fitur HTML5 yang disupport? Caranya cukup mudah, pertama-tama pastikan komputer anda sudah terhubung dengan internet dan arahkan ke alamat ini





Apa itu CSS3 ? 


CSS3 merpukan generasi ke-3 dari perkembangan CSS sebelumnya. Jadi pada dasarnya, pengertian CSS3 sama saja dengan pengertian CSS generasi paling awal. Hanya saja, beberapa standar baru untuk CSS3 menggantikan CSS2 dan mungkin akan membuat kiat dapat bereksplorasi lebih dalam lagi untuk membuat tampilan situs lebih menarik dan mulai meninggalkan situs yang membuat menunggu dengan loading yang lama. 

Beberapa kelebihan yang ada pada CSS3 :

CSS3 bisa lebih detail untuk mendeklarasikan objek yang akan diberikan style. Contohnya di dalam objek ‘blockquote’ bisa membuat (quote) di awal dan akhirnya menggunakan font lebih besar dari konten blockquote itu sendiri. 

CSS3 kaya akan fitur untuk animasi dan efek untuk text atau objek, yang sebelumnya tidak bisa   dilakukan oleh CSS2/CSS2.1, dan bisa menggantikan peran gambar. Standar web 2.0 atau situs interaktif dan efisien berdasar dari penggunaan CSS. 

Dengan CSS3 situs akan bisa lebih berkembang dan bisa lebih interaktif lagi dengan pengunjung.
Bisa  mengurangi ukuran  file yang di-load dan lebih ringan, secara otomatis mengurangi bandwidth inbound/outbound situs.




Apa itu Framework PHP ?


Bisa dilihat dari namanya. Framework dapat diartikan sebagai sebuah kerangka kerja. Kerangka kerja dimana dapat memudahkan pekerjaan kita. Jika dikaitkan dengan PHP maka dapat diartikan sebagai suatu kerangka kerja yang telah terpola dan memudahkan pengembang web dalam pembuatan web yang menggunakan script PHP.

Mempermudah yang dimaksud misalnya, Dalam membuat sebuah aplikasi web kita sering menulis script PHP secara keseluruhan (konvensional) dan itu pun kita ulang pada halaman yang lain. Bukankah itu begitu tidak efesien disamping berat ketika diload ? Dengan PHP Frameworksemua bisa teratasi. Semuanya sudah diatur menjadi pola-pola tertentu yang disebut dengan class. Pola/class inilah yang meringankan kita dalam penulisan script dan load halaman web.

PHP Framework berbeda jika dibandingkan dengan CMS (Content Management System), meski sama-sama meringankan dalam pembuatan web. Jika menggunakan CMS, kita tidak perlu pusing menulis script. Semuanya telah dibuat menjadi Fix dan kita hanya perlu mengatur bagian content dan interfacenya saja. Tidak demikian dengan Framework. Membangun sebuah aplikasi web dengan menggunakan framework, kita tetap harus menuliskan kode perintah PHP sesuai dengan ruang lingkungan yang disediakan oleh framework.



Apa itu Framework Javascript ?


JavaScript Frameworks ini memudahkan kita untuk pengembangan web/aplikasi berbasis javascript terutama untuk AJAX. JavaScript Frameworks belakangan ini sangat populer dikalangan webdesigner ataupun webdeveloper, para developer banyak menggunakan framework ini dalam proyeknya, salah satu yang paling banyak digunakan adalah jQuery dan saya sendiripun menggunakan jQuery ini.

Perkambangan sekarang ini banyak sekali javascript frameworks yang bermunculan bisa puluhan atau mungkin ratusan, JavaScript sendiri pertama kali dikembangkan oleh Netscape dan selanjutnya Mozilla juga ikut mengembangkan. sepanjang pengetahuan saya dulu javascript sudah banyak ditinggalkan, baru pada era web 2.0 ini javascript kembali menjadi pilihan para developer, javascript digabungkan dengan XML menghasilkan AJAX (Asynchronous JavaScript and XML) lebih interaktif dan bisa menghubungi server dengan proses dibelakang layar (dalam artian proses tersebut tidak membuat halaman berubah, eh tahu-tahu proses menghubungi server sudah selesai dan otomatis tampil tanpa me-refresh halaman) begitulah kira-kira

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Tentang HTML5, CSS3, dan Framework"

Post a Comment

Budayakanlah meninggalkan jejak lewat komentar
- Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan dimengerti
- Tanyakan sesuatu yang tidak jelas bisa lewat komentar
- Menerima Kritik dan Saran lewat komentar
- Open Blog Walking
- Bersabar menunggu balasan bila ingin dibalas